About

BERITA TERKINI

« »
« »
« »
Get this widget
SPACE IKLAN / SEGERA PASANG IKLAN ANDA DIBAWAH HUB.085656193163

Rabu, 07 Maret 2012

MAKALAH - PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK


BAB I
PENDAHULUAN


A.       LATAR BELAKANG
Usaha seseorang untuk selalu memenuhi kebutuhan hidupnya selalu dilakukan sejak zaman dahulu kala. Sebelum adanya jual beli seseorang memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bertukar barang dengan orang lain yang memeliki barang yang ia butuhkan (barter).  Namun,  barter bukanlah hal yang efisien bagi seseorang untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena terkadang barang yang ditukar tidak seimbang nilainya dengan barang yang didapat. Seiring berkembangnya zaman akhirnya didapat satuan pengukur nilai suatu barang yaitu uang. Setelah orang-orang mengenal uang maka sistem barter tidak lagi berlaku, akan tetapi yang ada adalah sistem jual beli.
Dalam sistem jual beli ada yang namanya produsen dan konsumen, tempat ditemukannya produsen dan konsumen adalah pasar. Seiring dengan perkembangan zaman pasar pun ada bermacam-macam. Ada pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar persaingan monopolistic dan pasar oligopoli.
Produsen yang berhasil dalam menjalankan suatu usaha tidak akan menutup kemungkinan usaha tersebut akan diikuti oleh orang lain. Apalagi didukung oleh sumber daya alam yang melimpah  yang memungkinkan untuk seseorang memproduksi barang dengan jumlah yang banyak. Indonesia merupakan Negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah sehingga dengan mudah setiap produsen mendapat bahan untuk berproduksi. Ketika banyak produsen memproduksi barang yang sama, walaupun dengan kemasan, merk dan kualiatas yang berbeda. Maka disnilah terjadi pasar persaingan monopolistik.
Berangkat dari permasalan diatas maka kami menyusun makalah dengan judul PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK. 

B.     RUMUSAN PERMASALAHAN
1.      Apa yang dimaksud dengan pasar persaingan monopolistik?

1

2.      Apa saja ciri-ciri pasar persaingan monopolistik?
3.      Apa corak yang ada pada pasar monopolistic?
4.      Seperti apa contoh pasar persaingan monopolistik?
5.      Apa saja kelebihan dan kekurangan pasar persaingan monopolistik?

C.     TUJUAN PENULISAN
1.      Agar para mahasiswa dapat mengetahui apa itu pasar persaingan monopolistik?
2.      Agar para mahasiswa dapat mengetahui pula cirri-ciri dan cara kerja pasar persaingan monopolistik serta kelebihan dan kekurangannya?
Photobucket
Photobucket

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles